Depan Sejarah Tim Sepak Bola PASER Desa Ciawilor

Sejarah Tim Sepak Bola PASER Desa Ciawilor

Paser adalah (Persatuan Sepakbola Remaja) yang berdiri atau terlahir pada Tahun 1962 di Desa Ciawilor, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, untuk tanggal tepatnya setelah wawancara salah satu terhadap saksi hidup yaitu Bpk. Guru. H. Ata dan H. Suma, pemain pertama tim kesebelasan tidak ada yang mengingat dikarnakan saksi hidup yang sudah cukup umur/tua.

Sejarah Perkumpulan/Organisasi sepak bola yang berada di Desa Ciawilor yang sebelumnya yaitu PESATJ (Persatuan Sepakbola Tjiawilor) sejak itu Pemerintahan Desa Ciawilor di pimpin oleh Kepala Desa Bpk. Kuwu Sudira Perwatadinata dari Tahun 1954-1967, dan pada saat itu PESATJ di ketua oleh Juru Tulis/Sekretaris Desa Bpk. Ulis Abas.

Perkembangan zaman mempengaruhi pola pikir yang tradisonal menjadi modern semakin banyak perubahan dari setiap tahunnya, dan terjadi terhadap organisasi sepakbola yaitu PESATJ yang berganti namanya menjadi PASER, yang dimotori/penggerak oleh Bpk. Guru Dodo beliau adalah orang tua dari Kepala Desa Ciawilor Bpk. Kuwu Dodi Somantri yang menjabat dari Tahun 2007-2019.

Sejarah Lapangan sepakbola Tim kesebelasan melakukan pertandingan pertamanya dengan melawan Desa Kertayasa, dan pada saat itu Lapang sepakbola ada di lokasi Desa Ciawigebang yang sekarang menjadi Terminal depan Pasar Ciputat, dan setelah itu lapangan sepakbola berpindah ke Dusun Kliwon 1 yang sekarang menjadi Perumahan dekat Tempat Pemakaman Umum Buyut Rurah, dan terjadi perpindahan lagi untuk yang terakhir dan sampai sekarang lapang sepak bola pindah ke Dusun Kliwon 2 yang diberi nama Lapang Sepak bola JAMBUBOL.

Adapun nama-nama tim kesebelasan PASER yang pertama membentuk PASER memakai strategi formasi (1-2-3-5), yaitu

  1. Lumri (Kiper)
  2. H. Rusmadi/Komis (Bek)
  3. L. Pandi (Bek)
  4. H. Ata (Gelandang)
  5. H. Suma (Gelandang)
  6. Sapnan (Gelandang)
  7. Asja (Penyerang)
  8. H. Kasmun (Alm) (Penyerang)
  9. Guru Dodo (Alm) (Penyerang)
  10. Ali sadad (Penyerang)
  11. Amat (Alm) (Penyerang)

Sejarah lahirnya Logo/Lambang dari Tim PASER pada tahun 1962 tersebut terinspirasi dari sebuah Busur Panah, PASER itu sendiri dari persamaan atau ilustrasi dariĀ  sejenis Anak Panah yang sering dipakai untuk menembak sesuatu.